Kopi Hitam Lombok, Bukan Sekedar Kopi Biasa



 
poto supardi
Berbicara masalah kopi tentu semua orang sudah tau dan pernah mencicipi minuman yang satu ini, tentunya dengan rasa dan aroma yang berba,seperti yang sering kita jumpai di toko-toko atau kios-kios kecil dengan berbagai merek dan kemasan.

Namun berbeda dengan kopi yang satu ini, kopi hitam Lombok atau biasanya orang Lombok menyebutnya Kopi bireng/bedeng(hitam),kopi hitam ini disebut kopi bireng tentu dengan tekstur warna yang memang hitam pekat sehingga disebut dengan kopi bireng.

Kopi hitam Lombok ini tidak jauh beda nikmatnya dengan kopi-kopi lainnya atau kopi-kopi yang sering dijumpai di kios-kios, hanya saja kopi hitam Lombok lebih alami karna tidak mengandung bahan-bahan campuran lainnya melainkan kopi dan gula saja sehingga rasa dan aromanya masih alami.

Adapun peroses pembuatan tebuk kopi ini masih menggunakan cara teradisional tentu dengan peralatan teradisional juga, penggorengan biji kopi Lombok ini benar-benar dilakukan dengan teliti guna untuk menjaga rasa dan aromanya.

Pada saat penggorengan biji kopi biasanya digoreng menggunakan kayu bakar dan wajan yang terbuat dari tanah malit dan kayu bakar juga harus dipilih-pilih dulu sebelum penggorengan dilakukan karna tidak semua kayu bakar bisa digunakan untuk menggoreng biji kopi,

Menurut ceritanya semakin bagus kayu yang digunakan untuk menggoreng maka rasa dan aromanya juga semakanin bgus dan nikmat begitu juga sebaliknya jika  menggunakan kayu bakar yang sembarangan maka rasa kopi tidak enak, adpun beberapa jenis kayu bakar yang paling bagus untuk menggoreng kopi yaitu pelepah kelapa, pelepah kelapa ini sangat di yakini bisa menjadikan kopi semakin nikmat dan aromanya semakin sedap,kayu tembakau kayu tembakau sangat dihindari ketika peroses penggorengan karna bisa berpengaruh terhadap rasa kopi.

Bagi masyarakat Lombok kopi hitam ini sudah menjadi minuman wajib,hampir di setiap rumah-rumah warga tersedia setok bubuk kopi hitam yang sudah siap untuk di nikmati lebih-lebih dikampung-kampung atau pedesaan,ketika  berkunjung kerumah tetangga pasti akan disuguhkan kopi hitam asli Lombok.
poto supardi

ketika cuaca lagi dingin biasanya pagi-pagi bapak-bapak sebelum berangkat kesawah terlebih dahulu disajikan kopi hitam bersama ubi rebus dan tentunya dengan tembakau Rajang yang tak bisa dipisahkan dengan kopi hitam.

kopi hitam ini selain disajikan setiap pagi, juga sebagai minuman jamuan ketika ada acara-acarara keagamaan dan budaya seperti acara begawe (pesta), maulid dan zikiran, sehingga ketika akan ada acara-acara besar seperti pernikahan ibu-ibu akan kumpul menggoreng kopi secara bersama-sama .


Comments

  1. Luar biasa Amaq Supar, lamun minsal maraq jaje Jaq, ye keciput wah

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts